Manfaat Akar Alang-Alang Dalam Ransum Untuk Ayam

Manfaat Akar Alang-Alang Dalam Ransum Untuk Ayam – Di artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat akar alang-alang dalam ransum untuk ayam.Kebutuhan terhadap penggunaan tanaman obat sebagai suplemen (feed supplement) sudah sangat populer digunakan pada ransum ternak. Kandungan zat gizi yang diperlukan semakin tinggi menyebabkan kebutuhan bahan pakan semakin meningkat.

daftar s128 – Feed supplement yang digunakan haruslah aman bagi ternak dan juga diperlukan untuk dapat memajukan kualitas karkas dan performa pada ayam broiler.Suplementasi pada pakan akan diberikan dalam bentuk ekstrak ataupun dalam bentuk tepung, seperti yang digunakan di penelitian ini yaitu akar alang-alang (Imperata cylindrica).

agen s128 – Akar alang-alang (Imperata cylindrica) bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, memiliki kandungan seperti asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam sitrat yang berperan dalam peningkatan efesiensi metabolisme energi dalam tubuh. Penggunaan suplementasi ekstraks akar alang-alang (Imperata cylindrica) sampai level 4 g/kg pakan dapat meningkatkan kualitas karkas pada ayam broiler, sedangkan pada penggunaan suplementasi tepung akar alang-alang (Imperata cylindrica) yang diberikan pada level 1 % dapat memperbaiki nilai konsumsi ransum dan menekan kelainan pada kaki ayam broiler.

Dalam bahan pakan atau ransum diperlukannya feed supplement agar dapat menaikkan penyerapan berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh ternak dan menghambat perkembangan mikrobia. Zat anti mikrobia yang ada dalam tanaman obat seperti akar alang-alang (Imperata cylindrica) dapat meningkatkan berat badan dan efisieni penggunaan pakan, dimana zat ini membantu dalam membasmi mikroba patogen didalam saluran pencernaan sehingga zat makanan dapat dimanfaatkan secara efisien.

Ayam broiler adalah silsilah ayam hasil rekayasa teknologi yang memiliki karakteristik ekonomis dengan ciri khas pertumbuhan cepat sebagai penghasil daging, masa panen pendek dan menghasilkan daging berserat lunak, timbunan daging baik, dada lebih besar dan kulit licin (North and Bell, 1990). Menurut Rasyaf (1999) ayam broiler merupaakan ayam pedaging yang mengalami pertumbuhan pesat pada umur 1–5 minggu. Selanjutnya dijelaskan bahwa ayam broiler yang berumur 6 minggu sudah sama besarnya dengan ayam kampung dewasa yang dipelihara selama 8 bulan. Keunggulan ayam broiler tersebut didukung oleh sifat genetic dan keadaan lingkungan yang meliputi makanan, temperature lingkungan dan pemeliharaan. Pada umumnya di Indonasia ayam broiler sudah dipasarkan pada umur 5- 6 minggu dengan berat 1,3 – 1,6 kg walaupun laju pertumbuhannya belum maksimum, karena ayam broiler yang sudah berat sulit dijual (Rasyaf, 1999).

Karkas ayam brioler adalah bagian dari ayam broiler hidup, setelah dipotong, dibului, dikeluarkan jeroan dan lemak abdominalnya, dipotong kepala dan leher serta kedua kakinya (ceker). Klasifikasi berdasarkan cara penanganannya, dibedakan menjadi : Karkas segar ialah karkas segar yang baru selesai diproses selama tidak lebih dari 6 jam dan tidak mengalami perlakuan lebih lanjut. Karkas dingin segar ialah karkas segar yang segera didinginkan setelah diproses sehingga suhu di dalam daging mencapai antara 4-5°C. Karkas beku ialah karkas yang telah mengalami proses pembekuan cepat atau lambat dengan suhu penyimpanan antara 12-18°C.

Dengan demikian artikel ini kita bagikan tentang manfaat akar alang-alang dalam ransu untuk ayam .Semoga artikel saya hari ini sangatlah bermanfaat bagi penghobi ayam adu.Terima kasih agen adu ayam saya ucapkan kepada kamu yang sudah mau menyempatkan waktunya untuk membaca artikel yang menarik lainnya yang sudah kami sediakan sebelumnya pada artikel sebelumnya.

 

 

 

WWW.FILABET.ORG

Silahkan Hubungi Kami Melalui:
LIVECHAT : www.Filabet.org
PIN BB : E3848229
PIN BB : FILABET
WHATSAPP : +85581780101
LINE : FILABET
WECHAT : FILABET